Pages

Friday, October 26, 2012

[KUKUS] Puding Manuk Enom

Saya paling suka tantangan, kalau sudah jenuh mencoba resep-resep yang ada di buku atau cari di internet biasanya saya suka tanya ke teman "Kue apa yang kamu lagi pengen banget makan ?" , Kalau jawabannya kue-kue yang udah biasa saya buat saya tidak merasa tertantang, tapi kalau itu kue yang saya jarang jumpai dan bahkan belum pernah saya tahu (biasanya ini kue-kue kuno atau khas daerah tertentu) saya jadi merasa tertantang.

Nah ceritanya nih, kemarin temen saya yang biasa saya mintai tolong buat desain grafis, Herlan mengaku lagi kangen sama jajanan khas kraton Jogja, namanya Manuk Enom , dimana dia menggambarkan dengan expresi yang membuat saya juga jadi mouthwatering alias ngiler. Empuk, beraroma alkohol, lembut di mulut, manis dan segar.

Akhirnya setelah search di Google baru saya mendapat gambaran dan berbagai versi dari Manuk Enom. 
Dari hasil mereferensi berbagai sumber, akhirnya aku mengambil kesimpulan bahwa sebenarnya bahan dasarnya hanya tape ketan, telur, santan dan telur. Untuk variasinya bisa memakai isian macam-macam, seperti jagung manis pipilan, roti, nangka, durian, kelapa muda dan lain-lain.

Akhirnya saya memutuskan untuk membuat yang memakai roti tawar dengan sedikit modifikasi

Perlengkapan : 
- Cup foil terserah mau ukuran besar atau yang kecil-kecil
- Panci pengukus
- Mixer
- Sendok kayu, pakai spatula ukuran besar juga boleh
- Baskom kecil untuk mengocok telur
- Baskom besar untuk mencampur semua bahan setengah jadi.

Bahan-Bahan : 
500 gram tape ketan (berwarna hijau lebih okay)
6 lembar roti tawar tanpa kulit, cabik kecil-kecil
8 butir telur 
500 ml santan cair
500 ml susu segar tawar
2 sachet susu bubuk instant
200 gram gula pasir
2 sdm vanila essence


 Cara Membuat : 
Campur susu dan santan 

Masukkan gula

Aduk hingga larut 

Masukkan susu bubuk 

Aduk kembali hingga susu bubuk larut 

Setelah itu, campurkan vanila ke baskom berisi telur 

Mixer dengan kecepatan sedang selama + 30 detik 

Mixer + 3 - 4 menit dengan kecepatan maximal sampai pucat dan mengembang 

Pucat dan mengembang 

Campurkan adonan telur ke campuran susu 

Aduk rata 

Dalam baskom besar, campurkan roti tawar dengan tape ketan 

Tuangi dengan campuran susu - telur 

Aduk rata, lalu sendoki ke wadah cup foil. 

Kukus + 30 menit

Saat masih di dalam kukusan, bentuknya mengembang seperti bolu kukus ini dikarenakan kandungan alkohol tape memuai terkena panas mendorong adonan ke atas 

Kalau sudah dingin, kempes sendiri kok. Dinginkan di kulkas sebelum di nikmati 

Puding Manuk Enom siap dinikmati. 


 Hasil jadi resep ini sekitar 25 cup foil, kalian bisa mencoba setengah resepnya saja

It's Simply but Yummy ... 











 

No comments:

Post a Comment